Langsung ke konten utama

 3. Kriteria Truk Dalam Memikat Pebisnis Logistik




Hampir setengah dari biaya yang dikeluarkan dalam sebuah perjalanan truk adalah biaya bahan bakar minyak atau BBM. Hal ini pulalah yang disadari dalam sebuah bisnis logistik. Maka jika truk terlampau boros, usaha sebuah logistik hanya akan berat di ongkos.

Tentu ini sangat penting untuk dihindari, apalagi di tengah tumbuhnya bisnis logistik masa dan pasca-pandemi, ketika masyarakat semakin terbiasa dengan belanja online.

Sebagai gambaran, sektor logistik saat ini sedang tumbuh pesat. Badan Pusat Statistik mencatat sektor transportasi dan pergudangan tumbuh 15,79 persen pada kuartal I 2022. Dengan bertumbuhnya sektor logistik, truk pun menjadi sebuah aset penting bagi usaha logistik. Untuk memilikinya, setidaknya ada tiga kriteria yang bisa menjadi pertimbangan.



  1. Jangan Boros BBM

    Direktur PT Serasi Logistics Indonesia Adil Juna Ginting dalam bincang-bincang di perhelatan Jakarta Auto Week (JAW) 2022 lalu menekankan pentingnya aspek hemat BBM, khususnya untuk truk.

    Perusahaan logistik besar dengan 1.200 truk dan 1.500 pengemudi ini tentu bergerak dengan mempertimbangkan segala hal agar bisnis tetap berjalan.

    "Untuk setiap trip kita yang berjalan, 45 persen adalah yang kami berikan ke driver; dan dari 45 persen itu, 40 persennya bahan bakar," ujar Adil.

    Di tengah penerapan regulasi Euro 4, Isuzu sendiri bergerak tidak hanya memenuhi regulasi emisi tetapi juga semakin hemat BBM karena menggunakan mesin common rail di semua tipe kendaraan.

    Yang perlu ditekankan juga adalah Isuzu sudah akrab atau berpengalaman terhadap teknologi common rail, yakni 11 tahun lamanya. Dengan demikian, teknologi efisiensi BBM ini bisa tetap terjaga sebaik mungkin.


  2. Ketangguhan Unit

    Unit yang tangguh bukan sekadar perawatan tetapi juga materi hingga struktur pada kendaraan itu sendiri.

    Isuzu Giga FRR (6 ban) dan si besar panjang Giga FVM (10 ban) misalnya. Keduanya dibuat dengan gear ratio besar untuk tarikan awal sehingga lebih kuat dan stabil saat membawa beban.

    Keduanya pun dipersiapkan untuk kebutuhan logistik antar-provinsi dengan karoseri wing box atau model boks bersayap yang juga dispesifikasikan untuk muatan hingga 10 ton (Giga FRR) dan 26 ton (Giga FVM).


  3. Ketersediaan Suku Cadang

    Agar aset tetap terjaga sehingga bisa terus digunakan, meminimalkan down time, hingga menjaga nilai jualnya, ketersediaan suku cadang pun bukan hanya harus siap, melainkan juga semestinya dalam jangkauan.

    Isuzu di bawah bendera Astra memiliki bengkel dan penyedia suku cadang di berbagai kota di Indonesia. Namun bukan hanya itu, sebab Isuzu juga memiliki layanan BIB atau Bengkel Isuzu Berjalan, yakni kendaraan dengan perlengkapan perbengkelan yang siap datang ke lokasi bahkan hingga pengerjaan turun mesin. Sumber informasi Isuzu Indonesia.


Postingan populer dari blog ini

Di Balik Keunggulan Isuzu Traga Blind Van Yang Memudahkan Jasa Pengiriman Barang Tingginya permintaan jasa pengiriman tinggi, seiring meningkatkan kebiasaan belanja online sejak pandemi terjadi di Tanah Air. Ya, permintaan jasa pengiriman jasa mengalami peningkatan di industri retail. Agar proses pengiriman berjalan lancar, kecepatan menjadi salah satu poin penting bagi para pelanggan dalam memilih jasa pengiriman. Oleh karena itu, para pengusaha jasa pengiriman barang harus memperhatikan kecepatan pelayanannya. Namun sayangnya, adanya pembatasan jalan di dalam kota, seperti pembatasan jalur yang dapat dilalui truk, hingga batas tinggi kendaraan yang boleh dilalui, menjadi kendala bagi jasa pengiriman barang. Berkaitan dengan hal tersebut, PT Isuzu Astra Motor Indonesia menghadirkan Isuzu Traga Blind Van pertama di Indonesia. Kendaraan ini bermesin Diesel 4JA1-L dengan kapasitas 2.500 cc. Isuzu Traga Blind Van juga dapat diandalkan untuk pengiriman jasa karena terbukti memiliki tenaga ...
 Enak Untuk Lari, Traga Rute Jakarta-Bandung Bisa 1,5 Jam Senang rasanya jika ritase meningkat karena mobil angkut yang mumpuni dalam mencapai gol tersebut. Isuzu Traga yang dikemudikan Yitno misalnya. Dalam kondisi terisi barang bawaan, Traga yang ia kemudikan justru terasa makin stabil sehingga menjadi gesit untuk memenuhi order. Dengan lebih seringnya rute dalam kota di Jakarta, Traga tersebut tidak jarang digunakan keluar kota seperti rute Jakarta-Bandung. "Enak kalau bawa muatan, di tol rasanya stabil. Iya, jadi pas bagian belakang terisi, malah makin enak," kata pria bernama asli Prayitno ini. Bicara pengalaman mengemudi, pria paruh baya ini baru 2 tahun belakangan mengemudikan Isuzu Traga. Keunggulan di sisi kestabilan itulah yang menurutnya segera terasa jika bicara komparasi. Sebelum-sebelumnya, ia mengendarai mobil-mobil angkut sekelas tetapi dengan ukuran lebih kecil. Memang jika bicara ukuran, Traga menjadi yang terbesar di kelasnya. Panjang area angkut dihitung s...

Isuzu ELf Series

Spesifikasi Dan Dimensi ELF NHR 55 CC 4 BAN Panjang Keseluruhan 4,590 (mm) Lebar Keseluruhan 1,695 (mm) Tinggi Keseluruhan 2,127 (mm) Jarak Terendah 210 (mm) Jarak Poros Roda 2,490 (mm) Jarak Pijak Roda Depan 1,425 (mm) Jarak Pijak Roda Belakang 1,405 (mm) Seating Capacity (person) Front Axle Capacity 1,600 (kg) Rear Axle Capacity 3,500 (kg) Mesin Model/Tipe 4JB1-TC Sistem injeksi bahan bakar OHV, Direct Injection 4 Cylinders Isi silinder 2,771 (cc) Tenaga maksimum 100 / 3,400 (PS/rpm) Torsi maksimum 22.5 / 2,000 – 3,200 (Kgm/rpm) Garis tengah x langkah 93 x 102 (mm) Radius Putar 5.4 (m) Ban & Velg Ban Depan Single ,7.50 – 15 – 10PR Ban Belakang Single, 7.50 – 15 – 10PR Velg Lain-Lain Seat belt Accu (V-AH) Alternator (V-A) Kapasitas Tangki 75 (liter) Max. Gradeability (%) Max. Speed (Km/h) Clutch Diameter 250 (mm) Berat Curb Weight (berat kosong) 1,610 (kg) Gross Vehicle Weight (berat total) 5,100 (kg) Transmisi Model MSB5S C gigi 1 5.016 gigi 2 2.672 gigi 3 1.585 gigi 4 1.000 gigi...